Rumah Bardi Roboh kena Angin Kencang


BANGUNAN rumah Bardi, warga RT 1 RW 1 Dusun Kecitran Desa Ketundan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang roboh akibat terjangan angin kencang yang terjadi di kawasan lereng Gunung Merbabu Magelang, Minggu (20/10/2019) malam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun beberapa barang milik Bardi yang ada di dalam rumah ikut tertimbun bangunan rumah Bardi yang roboh.

Bangunan rumah Bardi ini lokasinya di bagian paling atas di wilayah Dusun Kecitran. Di bagian atas rumah Bardi sudah merupakan areal perkebunan tembakau maupun tanaman sayur-sayuran. Bangunan rumahnya terbuat dari dinding kayu, dengan ukuran sekitar 8X8 meter.

"Kalau usai Maghrib, Minggu lalu, Bardi bersama istrinya sudah berada di rumah saya. Beberapa saat kemudian terjadi tiupan angin kencang dan menghantam bangunan rumah Bardi dari arah depan," ujar Kevin, salah satu warga Dusun Kecitran yang juga salah satu relawan, kepada KRJogja.com di lokasi kejadian.

Dibenarkan Kevin maupun beberapa warga lainnya, Minggu petang lalu angin kencang terjadi di kawasan lereng Gunung Merbabu wilayah Magelang. Kepala Desa Ketundan Sucipto secara terpisah kepada KRJogja.co mengatakan sebenarnya Minggu pagi tiupan angin sudah terasa agak kencang. Dan pada Minggu petang semakin kencang.

Tidak sedikit bagian atap rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin kencang ini. Baik atap genteng, seng maupun asbes banyak yang rusak dan beterbangan terkena tiupan angin kencang ini. Lembaran plastik mulsa di areal pertanian warga juga ikut kabur beterbangan, dan ada juga yang jatuh di bentangan jaringan listrik PLN.

Pepohonan pun banyak yang roboh, dan tidak sedikit pula yang robohnya menutup akses jalan antar kampung, antar dusun maupun antar desa. Bahkan Senin siang juga masih ada pohon pinus di areal kawasan hutan pinus yang roboh dan menutup akses jalan.

Bangunan rumah yang mengalami kerusakan tidak hanya di wilayah Desa Ketundan, tetapi juga ada di wilayah Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Magelang. Informasi yang diperoleh dari Pusdalops BPBD Kabuoaten Magelang menyebutkan ada 26 rumah yang mengalami rusak ringan dan 1 rumah rusak sedang. Di Sukomakmur Kecamatan Kajoran Magelang, daerah yang berada di kawasan lereng Gunung Sumbing Magelang, juga ada yang mengalami kerusakan dibagian atap. Di wilayah Desa Dawung Kecamatan Tegalrejo Magelang juga ada sekitar 12 rumah yang mengalami kerusakan ringan. (krjg/fad)
Reaksi: 

Berita Terkait

daerah 6472582179795512444

Terbaru






close





Populer

Comments




item