13 PMI Singapura Ikuti Wisuda di Universitas Terbuka


SEBANYAK 13 mahasiswa Pekerja Migran Indonesia (PMI) Kelompok Belajar (Pokjar) Singapura mengikuti wisuda sarjana di Universitas Terbuka Jakarta bersama 1.893 orang wisudawan lainnya dari seluruh Indonesia pada Selasa 12 November 2019 lalu. Saat ini, tercatat lebih dari 150 PMI Singapura yang bergabung dalam UT Pokjar Singapura.

Duta Besar (Dubes) RI Singapura Ngurah Swajaya menjelaskan, kegiatan sebagai bagian dari “beyond protection”, KBRI Singapura yang bekerja sama dengan Universitas Terbuka menyelenggarakan pendidikan Strata 1 untuk PMI yang bekerja di Singapura sejak tahun 2005.

Melalui UPBJJ UT Batam, lanjutnya, Universitas Terbuka membuka Kelompok Belajar (Pokjar) yang dilakukan di Sekolah Indonesia Singapura Ltd (SIS) mulai tahun 2009.

"Kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan pendidikan ketrampilan bersertifikat untuk berbagai bidang ketrampilan setiap hari minggu. Nilai IPK tertinggi dari wisudawann yang berasal dari UT Pokjar Singapura 3.32," katanya Minggu (17/11/2019) dalam siaran pers.

Dubes menjelaskan bahwa mahasiswa PMI UT Pokjar Singapura memiliki semangat belajar mereka yang luar biasa, ditengah-tengah kesibukan bekerja mereka.

“Semangatnya tidak hanya direfleksikan dari semangat belajar, tapi juga mereka membiayai sendiri biaya kuliahnya. Beberapa rekan mereka bahkan sudah menyelesaikan program Strata 2," kata Ngurah Swajaya.

Dikatakannya, KBRI Singapura memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kualitas SDM PMI melalui berbagai kegiatan pelatihan, termasuk kuliah di UT sehingga diharapkan mereka memiliki ketrampilan tambahan yang bisa meningkatkan kesejahteraan mereka ketika selesai bekerja di Singapura.

"Pembentukan Pokjar Singapura bertujuan untuk memberikan layanan pendidikan tinggi bagi PMI khususnya dan masyarakat Indonesia di Singapura pada umumnya," pungkasnya. (had)
Reaksi: 

Berita Terkait

PERISTIWA 1333442482666381134

Terbaru






close





Populer

Comments




item