DPP NCPI Gelar Audiensi dengan Menteri Pariwisata


DEWAN Pimpinan Pusat (DPP) Nawa Cita Pariwisata Indonesia (NCPI) menggelar audiensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama di Jakarta Selasa 19 November 2019 lalu.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua umum DPP NCPI Gusti Kade Sutawa,  Sekretaris Umum DPP NCPI Mangku Wayan Suteja, Sekretaris 1 Pangeran Hutagaol dan beberapa pengurus DPP Seperti Wayan Suarsa. Ada pula Dewan Pembina dan Ketua Dewan Penasehat DPP NCPI Dicky Aryanto, Dewan Pakar antara lain; AA Yuniartha, Chandra Salim, Aloysius Purwa, Putu Agus Antara.

Sedangkan Ketua DPW NPCI yang juga turut hadir antara lain; Ketua DPW NCPI Bali Agus Maha Usada, Ketua NCPI Kaltim Joko Purwanto, Ketua NCPI NTB Sudiarsa, Ketua NCPI Jabar Ferdhy Aminu, Ketua NCPI Sumatra Ben Sukma, Ketua NCPI DKI Jakarta Nyoman Sarya, dan Ketua NCPI Sulsel Arya Pering.

Hadir pula dalam acara tersebut, Ketua umum Sinergi Nawa Cita Indonesia (SNCI) RM Suryo Atmanto yang diwakili Sekjenya Ayep Zaki dan Maji Notonagoro.

Dalam acara tersebut, Ketua umum NCPI Gusti Kade Sutawa akan mendukung program pariwisata yang dicanangkan Kemenparekraf sehingga percepatan pertumbuhan pariwisata nasional bisa tercapai.

"Termasuk membantu Kemenparekraf dalam mengupayakan tercapainya target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2020. Peningkatan kualitas SDM pariwisata, peningkatan kualitas destinasi pariwisata Indonesia, perbaikan infrastruktur yang berhubungan langsung dengan pariwisata," katanya.

Tak lupa NCPI juga akan membantu Kemenparekraf untuk meningkatkan jumlah event mice, membangun kerjasama dengan maskapai penerbangan guna meningkatkan dan menjaga stabilitas konektivitas ke dan dari destinasi, bekerjasama dengan perusahaan perusahaan kapal pesiar dunia.

Sementara itu, Dewan Pembina DPP NCPI Aloysius Purwa yang memiliki sebuah hotel di Sumba, mengusulkan beberapa point seperti;

 1). Tambolaka Sumba agar dijadikan International airport mengingat ada potensi untuk diperluas dan diperlebar, jarak tempuh yang hanya 1,5 jam dari Darwin dapat menjadi i pintu masuk ke NTT. Bila Airport Tambolaka yang lokasinya dipilih oleh Jepang jaman dulu bisa menjadi hub. Maka semua pulau-pulau yang indah-indah di NTT menjadi maju dan menarik puluhan juta tourists dari segala penjuru.

2). Memiliki potensi yang hampir sama seperti Bali, dengan banyak keunikan tradisi Marapu dengan stone age megalitik yang sangat unik. Sudah dijuluki best island in the world oleh majalah Focus German dengan 5 juta copies.

3.) Pemerintah Pusat diharapkan membantu infrastrukturnya. Karena daya tarik pulau Sumba luar biasa dengan pantai pantai seperti: savanah dan air terjun yang aduhai. Pulau Sumba juga memiliki luas yang 3 kali lebih besar dari Bali sehingga bisa menampung mass tourism jumlah banyak.

4.) Sudah ada  Hotel The Nihi yang pernah dipilih sebagai best hotel in the world dan punya daya tarik dan market tersendiri.

5.) SDM menjadi sangat krusial untuk di Bantu. Sekolah Hotel Sumba saat ini sudah memasukan tahun ke 4, mampu menamatkan 60 tenaga terampil setiap tahun. Dengan 12 voulentir asing membuat tenaga tenaga ini siap pakai di hotel bintang 4 dan 5. Mereka siswa siswa yang berasal dari keluarga miskin yang biaya kuliahnya diberikan secara cuma-cuma. Sekolah semacam ini seharusnya dibantu pemerintah pusat untuk dapat dikembangkan juga di daerah daerah lain yang memiliki potensi pariwisata.

Ketua NCPI Kaltim Joko Purwanto mengusulkan agar Balikpapan menjadi penghubung pariwisata di Indonesia timur. Mengingat jarak Kaltim ke China dan Philipina sangat dekat. NCPI kaltim juga akan membuat event marathon pada bulan Febuari 2020. Sedangkan Bali di bulan Juni dan Sumatra pada bulan Agustus 2020.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Wishnutama menyambut baik adanya dukungan DPP dan DPW NCPI. Dirinya yakin atas dukungan NCPI dan asosiasi pariwisata terkait akan mempermudah pencapaian target dari program kerja Kemenpar yang sudah dicanangkan.

"Kedepannya Kemenpar akan menggandeng NCPI dalam merealisasikan  program-program kerja  yang dapat disenergikan," kata Wishnutama. (kus)
Reaksi: 

Berita Terkait

Peritiwa 1250375420410125669

Terbaru






close





Populer

Comments




item