Rugikan Miliaran, Polosi Bekuk Pelaku Pemalsuan Buku KIR


KAPOLRES Metro Jakarta Utara Kombes Pol. Budhi Herdi Susianto, SH, S.iK, M.Si, telah menggelar konferensi pers terkait kasus pemalsuan buku KIR berkedok birojasa di Ruang Lobby lantai 2 Polres Metro Jakarta Utara, pada Minggu (10/11/2019).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakapolres AKBP Aries Andhi, S.iK, M.Si, Kasat Reskrim Kompol. Wirdhanto Hadi Caksono, S.iK, M.Si dan juga Kepala Unit Pengelolaan Pengujian kendaraan Bermotor. (UP. PKB) Cilincing Bernad O. Pasaribu, S.Sos, MSi.

Kapolres Jakut menjelaskan, bahwa pada tanggal 8 Nopember 2019 lalu, tim Opsnal Unit Resmob Sat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara telah menangkap pelaku berinisial RA dan BS di wilayah Sunter, Kelurahan Sungai Bambu Tanjung Priok Jakarta Utara.

“Penangkapan tersebut berawal dari sumber informasi masyarakat yang kemudian dikembangkan dan berhasil diungkap oleh pihak Polres. Kedua pelaku mengaku telah beroperasional dalam pembuatan KIR palsu tersebut sejak tahun 2007 yang mana mendapatkan keuntungan dari penjualan buku KIR palsu sebesar Rp. 250.000/Set, hingga akhirnya terungkap,” papar Budhi, di Jakarta, Minggu (10/11/2019).

Adapun bermacam barang bukti yang diperlihatkan seperti seperangkat alat elektronik dan cetak, stempel, plat peneng, 405 buah buku KIR, 811 stiker, 15 lembar kartu izin angkutan barang daj 4 pack stiker transparan.

Diberitakan sebelumnya, pihak kepolisian khususnya anggota dari Polres Jakarta Utara mampu meringkus dua pelaku pemalsu buku KIR, BS (67) dan RA (35), yang diduga merugikan negara hingga miliaran rupiah. (pmj/fir)
Reaksi: 

Berita Terkait

PERISTIWA 8068256762489052175

Terbaru






close





Populer

Comments




item