Bercanda Bawa Bom, Penumpang Diamankan di Bandara Adisucipto


PETUGAS 'Aviation Security' Air Asia Bandara Adisucipto Yogyakarta mengamankan salah satu penumpang yang mengaku membawa bom, Jumat (6/12). Penumpang berinisial TH tersebut sedianya terbang ke Denpasar Bali pukul 08.15 WIB.

Informasi menyebutkan, sekitar pukul 08.15 WIB petugas 'Aviation Security' Air Asia mendapatkan laporan dari 'cabin' dan 'air crew' pesawat dengan nomor penerbangan QZ 8441 dengan rute JOG-DPS. Saat itu pramugari mendengar ada penumpang berinisial TH yang mengatakan kepada rekannya jika dia membawa barang bawaan bom. Tepatnya sesaat setelah 'door-close' dan pesawat 'push-back'.

"Pramugari langsung melaporkan kepada kapten dan diteruskan kepada petugas <I>ground<P> dan <I>Aviation Security<P> Air Asia untuk dilakukan pemeriksaan. Petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap seluruh penumpang. Termasuk barang bawaan dan yang ada di bagasi," ujar General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisucipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama.

Hasilnya, tidak ditemukan benda berbahaya seperti yang diungkapkan TH tersebut. Pesawat juga bisa terbang menuju Denpasar pada pukul 09.30 WIB.

Sedangkan pelaku candaan bom dan temannya dilakukan pembatalan penerbangan untuk selanjutnya dilakukan investigasi. "Kami terus menghimbau kepada seluruh masyarakat dan pengguna jasa bandara, agar tidak melakukan candaan bom di pesawat maupun lingkungan publik. Pasalnya hal itu melanggar regulasi dan dapat dijatuhi sanksi," tegasnya dikutip krjogja.com.

Agus Pandu menambah, menyampaikan informasi palsu, bergurau atau mengaku-ngaku membawa bom di bandara dan pesawat udara dapat dikenakan pidana penjara. Hal itu sesuai dengan UU Nomor 1/2009 tentang Penerbangan. (das)
Reaksi: 

Berita Terkait

daerah 8789994879920172070

Terbaru






close





Populer

Comments




item