Posko Pengaduan Pilkades akan Dibuka


KEPALA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta Budiharjo menegaskan, pengawasan terhadap jalannya Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades akan dilakukan oleh panitia Pilkades tingkat daerah. Dalam hal ini, kata dia, Camat diwilayah itu juga termasuk didalam panitia Pilkades tingkat daerah.

Selain itu, panitia pemilihan Kepala Desa tingkat daerah juga akan membuka posko pengaduan atau call centre untuk menampung laporan dari masyarakat jika ada pelanggaran yang terjadi selama jalannya Pilkades berlangsung.

Baca Juga: Jelang Pilkades, Pemda Sleman Genjot Sosialisasi di 718 Padukuhan

"Kami juga akan membuka posko pengaduan atau call centre untuk menampung laporan dari masyarakat atas pelanggaran yang terjadi saat Pilkades," kata Budiharjo saat dihubungi Senin 20 Januari 2020.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sleman Budiharjo. 
Dirinya mengakui, saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait Pilkades yang akan dilakukan bulan Maret nanti. Tahun lalu, pihaknya telah melakukan sosialiasi di 527 Padukuhan dan 49 Desa. Sementara tahun 2020 pihaknya akan melanjutkan kegiatan sosialisasi di 191 Padukuhan.

Baca Juga: Desa Caturharjo Peroleh Dana Pilkades Sebesar Rp 70,6 Juta

Budiharjo juga menjelaskan dalam waktu dekat akan mempersiapkan peraturan yang akan diteken oleh Bupati Sleman jika terjadi sengketa saat Pilkades berlangsung.

"Mekanisme ini akan segera kami atur dalam SOP dan juga akan kami atur dalam peraturan bupati tentang sengketa Pilkades," pungkasnya.

Diketahui, pada bulan Maret nanti Kabupaten Sleman akan menggelar Pilkades secara serentak di 49 Desa. (tan/gus)
Reaksi: 

Berita Terkait

daerah 1163948521848232647

Terbaru






close





Populer

Comments

item