1.000 Pesilat Unjuk Gigi!


SEBANYAK 1.000 pesilat Beksi dari berbagai perguruan menampilkan atraksi jurus dalam Gebyar Beksi Kampung Ulujami. Kegiatan yang digagas Perguruan Silat Beksi Petir Ulujami (PSBPU) ini diselenggarakan di Jalan H Rohimin, RT 19/03 Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Pendiri PSBPU, Ubay Haki (50) mengatakan, Gebyar Beksi Kampung Ulujami diselenggarakan untuk melestarikan Silat Beksi sebagai budaya asli Betawi yang dikembangkan di Pesanggrahan hingga ke wilayah lainnya.

"Acara ini kami adakan untuk mempertahankan bela diri asli Betawi agar tidak punah," ujarnya di lokasi, Minggu (23/2).

Ia menjelaskan, dalam acara ini, pihaknya secara bergantian menampilkan atraksi jurus dari 1.000 pesilat Beksi yang berasal dari 30 perguruan asal Pesanggrahan dan Tangerang.

"Selain aktraksi silat, kami juga adakan santuan anak yatim, bazar kuliner Betawi, gambang kromong dan lenong Betawi," tuturnya.

Sementara itu, Lurah Ulujami, Ahmad Hasan Husaini menuturkan, silat merupakan bela diri dari Indonesia. Di Pesanggrahan, Silat Beksi sudah ada sejak lama dan cukup dikenal masyarakat luas.

"Di Jakarta, Silat Beksi awalnya ada di Pesanggrahan. Karena itu kita mendukung penuh kegiatan ini agar Silat Beksi tetap lestari," tandasnya. (gah/pmj)
Reaksi: 

Berita Terkait

daerah 6395932887209845652

Terbaru






close





Populer

Comments




item