ASN Punya Hak Pilih Saat Pikades di Sleman



KEPALA Dinas Pemberdayaan dan Desa (PMD) Sleman, DIY Yogyakarta, Budiharjo mengungkapkan, Aparatur Sipil Negara alias ASN memiliki hak pilih saat Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) yang akan berlangsung pada Minggu Wage 29 Maret mendatang.

Budiharjo mengatakan, aturan ASN yang mempunyai hak pilih saat Pilkades mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa.

Baca Juga: Ini Daftar 49 Desa Peserta Pilkades Tahun 2020 di Sleman

"Kalau ASN jelas mempunyai hak pilih. Di UU Desa yang disebut pemilih adalah penduduk Desa yang memenuhi persyaratan. Jadi penekanannya "penduduk desa" apapun pekerjaannya," kata Budiharjo saat dihubungi PenaOne.com Sabtu 8 Januari 2020.

Dia menambahkan, pihaknya saat ini terus melakukan pendataan terkait jumlah ASN yang memiliki hak suara saat Pilkades berlangsung.

Baca Juga: Tak Perlu Mundur, Perangkat Desa Cukup Ajukan Ijin Jika Maju Calon Kades

"Tapi untuk jumlah keseluruhannya saya belum tahu sudah diklasifikasi atau belum," pungkasnya.

Diketahui, Kabupaten Sleman akan menggelar Pilakdes secara serentak di 49 Desa secara evoting pada Minggu 29 Maret 2020. Sebanyak 457 ribu warga yang sudah terdaftar sebagai  Daftar Pemilih Tetap atau DPT akan menggunakan hak pilihnya di 20 Kecamatan yang ada di 17 Kabupaten Sleman. (kus/tan)
Reaksi: 

Berita Terkait

news 4256258599771692363

Terbaru






close





Populer

Comments

item