Mahfud MD Batal Umroh


PEMERINTAH Arab Saudi menghentikan sementara penerbitan visa Umroh bagi semua negara, termasuk salah satunya Indonesia. Kebijakan tersebut dilakukan untuk mencegah wabah virus corona.

Terkait penghentian ini, pemerintah Indonesia secara resmi menghentikan sementara pemberangkatan jamaah yang hendak ibadah umrah. Setidaknya ada 4.078 jemaah dinyatakan batal diberangkatkan ke tanah suci.

Baca Juga: Pemerintah Hormati Penangguhan Umroh

Salah satunya adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. Dia batal berangkat ibadah ke Tanah Suci pada pertengahan bulan depan.

“Saya pun juga, sebenarnya pada tanggal 18 (Maret) akan berangkat umrah ke sana. Tapi dengan adanya pengumuman tersebut, saya harus hormati arab Saudi sehingga saya batalkan niat itu,” ungkap Mahfud Md di Kantor Menkopolhukam, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Kendati begitu, Mahfud memahami kebijakan dan antisipasi yang dilakukan pemerintah Arab Saudi terkait penyebaran virus Corona. Oleh sebab itu, sebagai negara yang berdaulat, ia sangat menghargai pemberlakuan tersebut.

Baca Juga: 2.500 Jemaah Umrah Hari Ini Berangkat ke Saudi

“Itu kebijakan arab saudi untuk menghindari atau mengantisipasi atau memitigasi bencana yang mungkin saja terjadi karena virus corona,” tuturnya.

“Arab Saudi melakukan itu punya alasan-alasan tersendiri dan Arab Saudi merupakan negara yang berdaulat sehingga kita pun harus menghormati,” tukasnya. (pmj/kis)
Reaksi: 

Terbaru






close





Populer

Comments




item