Penerbangan dari dan Menuju China Ditunda


PEMERINTAH Indonesia memutuskan untuk menunda seluruh penerbangan dari dan menuju China. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut kebijakan itu akan mulai berlaku pada Rabu (5/2) pukul 00.00 WIB.

“Penerbangan langsung dari dan ke mainland RRT (Republik Rakyat Tiongkok) ditunda untuk sementara mulai hari Rabu, pukul 00.00 WIB,” ungkap Menlu Retno seusai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Minggu (2/2/2020).

Tak hanya menunda penerbangan, kata Retno, pemerintah juga memberlakukan pelarangan kedatangan maupun transit bagi seluruh pendatang dan pekerja dari China Daratan yang telah berada di sana selama minimal 14 hari.

“Pemerintah juga meminta warga negara Indonesia (WNI) untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke Mainland China,” tandasnya.

Menlu Retno juga menghimbau agar warga negara Indonesia tidak melakukan kunjungan ke dataran China hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Pemerintah pun menghentikan sementara pemberian visa warga RRT.

“Kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrivals untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di mainland China untuk sementara dihentikan,” tukasnya. (pmj/kis)
Reaksi: 

Berita Terkait

news 8949514445543387412

Terbaru






close





Populer

Comments

item