Pengamat Sarankan Jokowi Copot Kepala BPIP



PERNYATAAN Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) soal 'Agama Musuh Terbesar Pancasila' menuai kritik dari berbagai kalangan. Tidak terkecuali oleh pengamat politik dan hukum Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam.

Saiful Anam menyayangkan seorang petinggi BPIP yang semestinya meluruskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, bukan justru memperkeruh suasana dengan statement yang tidak layak diungkapkan yang pada akhirnya mencoreng Presiden Jokowi sebagai penanggung jawab lembaga BPIP.

Baca Juga: ReJO Minta Kepala BPIP Minta Maaf Secara Terbuka

'Kepala BPIP jangan memperkeruh suasana dengan statement yang justeru bertentangan dengan jiwa dan ruh Pancasila yang sebenarnya. Agama dan Pancasila, Pancasila dan agama saya kira perdebatan klasik yang sudah selesai. Tak perlu dibentur-benturkan lagi," katanya Rabu 12 Februari 2020

Saiful Anam menegaskan akibat pernyataan Kepala BPIP itu justru blunder dan sangat merugikan Presiden Jokowi sebagai penanggung jawab BPIP.

"Saya justru menyarankan kepada Presiden Jokowi untuk memecat atau meninjau ulang Kepala BPIP atas pernyataannya yang kontroversi," pungkasnya.

Baca Juga: Yudi Latif Mundur jadi Kepala BPIP

Sebelumnya Kepala BPIP menyatakan bahwa Agama adalah musuh terbesar Pancasila, atas pernyataannya tersebut muncul reaksi dari berbagai kalangan, karena dianggap tidak sesuai dengan falsafah Pancasila yang sesungguhnya. (kys/fik)
Reaksi: 

Berita Terkait

PERISTIWA 256226983159543914

Terbaru






close





Populer

Comments




item