Sektor Pertanian jadi Prioritas di Caturharjo


EMPAT calon Kepala Desa (Kades) dipastikan akan bertarung dalam pemilihan Kades (Pilkades) di Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta yang akan digelar pada Minggu Wage 29 Maret mendatang.

Salah satu kandidat Kades Caturharjo, Agus Sutanto mengaku akan bertarung secara fair untuk memperebutkan 11.067 jumlah pemilih yang tersebar di 20 padukuhan itu.

Baca Juga: 4 Orang Balon Kades Caturharjo Kembalikan Berkas

"Niat saya hanya ingin mengabdikan diri untuk membuat perubahan di Desa Caturharjo," kata Agus kepada wartawan Sabtu 8 Januari 2020.

Kedepan, kata Agus, dirinya akan menjalin komunikasi yang lebih intens dengan lembaga Dusun dalam penyusunan program Desa. Sehingga, kami tahu progam apa yang diinginkan oleh masyarakat.

"Keterlibatan warga dan lembaga Dusun selama ini masih kurang. Kami akan libatkan mereka kembali. Sehingga pemerintah Desa bisa menentukan APBDes sesuai dengan kinginan masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Desa Caturharjo Peroleh Dana Pilkades Sebesar Rp 70,6 Juta

Kepala Dusun Keceme ini menambahkan, sektor pertanian menjadi salah satu priorotas jika dirinya terpilih. Mengingat, geografis Desa Caturharjo saat ini didominasi buruh tani dan petani.

"Berhubung warga Caturharjo mayoritas buruh tani dan petani maka kita prioritaskan di bidang pertanian," tambah Agus.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, keterbukaan informasi mengenai pengelolaan keuangan desa saat ini masih banyak dikeluhkan masyarakat. Maka itu, dia berjanji akan membuka layanan informasi keuangan secara online.

Baca Juga: Ini Daftar 49 Desa Peserta Pilkades Tahun 2020 di Sleman

"Kedepan sesuai perkembangan jaman maka kami akan menjalin kerjasama dengan Kominfo untuk membuat website yang bisa diakses oleh semua masyarakat. Sehingga, seluruh masyarakat bisa melihat penggunaan dana desa melalui website tersebut," ungkap Agus.

Untuk menjaga situasi Kamtibmas ditengah masyarakat, menurut Agus, dirinya akan membentuk sistem Jaga Warga disetiap padukuhan.

"Kita akan optimalkan Linmas dengan siatem piket jaga setiap hari. Disaming itu di setiap padukuhan akan kita bentuk Jaga Warga. Sehingga sekecelil apapun kejadian di wilayah Caturharjo bisa langsung berkoordinasi dengan pihak Kepolisian," pungkas Agus Sutanto.

Baca Juga: DPRD Sleman Minta Calon Kepala Desa Tak Manfaatkan Bantuan Pemerintah untuk Pilkades

Diketahui, Caturhajo merupakan salah satu Desa yang akan menggelar Pilkades melalui evoting pada 29 Maret nanti. Empat yang orang telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran yang telah berakhir pada 4 Februari lalu adalah; R Eka Juritna dari Dusun Klumprit, Agus Sutanto Dusun Keceme, Wahyu Trigiyatna Dusun Nambongan, dan Drs Banawa dari Dusun Ngaglik.

Desa Caturharjo mendapatkan dana sebesar Rp 70,6 juta untuk jalannya Pilkades nanti. Sedangkan, jumlah DPT di Desa ini sebanyak 11.067 terdiri dari 5.471 pemilih laki-laki dan 5.596 perempuan. (kis/tan)
Reaksi: 

Berita Terkait

PERISTIWA 782814682424068924

Terbaru






close





Populer

Comments

item