TNI Siapkan 4 Pesawat untuk Pulangkan 285 WNI


PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sudah menyiapkan empat pesawat untuk pemulangan 285 warga Indonesia yang menjalani observasi kesehatan terkait virus corona di Natuna, Kepulauan Riau. Pemulangan dijadwalkan, lusa Sabtu (15/02/2020), bila mereka dinyatakan sehat.

Keempat pesawat disiapkan TNI tersebut jadwal penerbangan, Sabtu siang sekira pukul 13.00-14.00 WIB. Sabtu nanti, masa observasi 14 hari WNI yang dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok itu akan berakhir.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga sudah menyiapkan tiket pesawat komersil bagi WNI yang akan kembali ke kampung halaman.

Kepala BNPB Doni Monardo dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, hari ini Kamis (13/02/2020), mengatakan, masing-masing perwakilan dari tiap daerah telah dikoordinasikan untuk mendampingi proses penjemputan di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Kalau toh mereka akan pulang pada hari berikutnya yaitu hari Minggu, pemerintah juga sepakat memberikan bantuan biaya penginapan dan transportasi. Sehingga diharapkan saudara-saudara kita yang dari Wuhan ini tidak mengalami kesulitan untuk menuju ke kampung halamannya,” ujar Doni menegaskan.

Masih di kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK Agus Suprapto menambahkan, total 285 orang yang akan dipulangkan, dengan 238 orang yaitu WNI dari Wuhan. Dan, sisanya termasuk para petugas kesehatan dan lainnya. Mereka semua diketahui berasal dari 29 provinsi di Tanah Air.

“Paling banyak dari Jatim. Tapi yang perlu ditekankan bahwa mereka semua yang dipulangkan dalam keadaan sehat,” tandasnya. (pmj/yah)
Reaksi: 

Berita Terkait

PERISTIWA 6045005865423847110

Terbaru






close





Populer

Comments




item