Ini Kata Ketua KPU Kendal Terkait Anggotanya yang Dilaporkan ke DKPP


KETUA Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah,
Hevy Indah Oktaria mengungkapkan, pihaknya akan menghormati proses yang dilakukan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu atau DKPP terkait dugaan pelanggaran etika yang dilakukan oleh salah satu anggotanya.

Baca Juga: Anggota KPU Kabupaten Kendal Diadukan ke DKPP

Hevy mengatakan, KPU Kabupaten Kendal akan kooperatif jika suatau saat dimintai keterangan oleh pihak-pihak yang kini sedang menangangi kasus dugaan pelanggaran etika yang dilakukan salah satu Komisionernya itu.

"Kami, KPU Kabupaten Kendal akan selalu terbuka. Prinsipnya kami akan mengikuti dan mentaati seluruh prosedur yang berlaku," kata Hevy saat dihubungi PenaOne.com Selasa 10 Maret 2020.

Dirinya menegaskan, tindakan yang diduga dilakukan anggotanya tersebut merupakan ranah pribadi. Kata Hevy, tindakan itu tidak ada kaitannya dengan KPU Kabupaten Kendal secara kelembagaan.

Baca Juga: Wahyu Setiawan Tunjuk 6 Orang jadi Kuasa Hukum

"Itu perilaku pribadi dan tidak ada kaitannya dengan KPU Kendal. Yang bersangkutan tidak pernah membicarakan hal itu pada kami," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Anggota KPU Kabupaten Kendal berinisial CRYP diadukan ke DKPP. Dirinya diadukan oleh KPU provinsi Jawa Tengah.

Menurut informasi yang dihimpun CRYP diadukan terkait dugaan pelanggaran etika yang dilakukannya pada saat Pemilihan Legistaif (Pileg) tahun 2019 lalu. CRYP diduga menjanjikan sesuatu dan mengambil keutungan dari calon anggota legislatif (caleg) yang bertarung di daerah pemilihan (dapil) tersebut.

Belakangan diketahui, caleg tersebut tidak lolos alias gagal menjadi anggota dewan. Namun, upayà mediasi dan penyelesaian melalui jalur kekeluargaan tidak ada titik temu.

Baca Juga: Kuasa Hukum Bantah Rekening Istri dan Anak Wahyu Setiawan Diblokir KPK

Dari penelusuran tim kami, CRYP dilaporkan ke DKPP pada tanggal 14 Febuari 2020 oleh Ketua dan Anggota KPU provinsi Jawa Tengah. Pengaduan tersebut telah verifikasi secara materiel dengan nomor perkara 28-PKE-DKPP/II/2020.

Ketua KPU provinsi Jawa Tengah Yulianto Sudrajat saat dihubungi membenarkan adanya laporan tersebut.

"Iya (KPU Jawa Tengah sudah melaporkan CRYP ke DKPP," kata Sudrajat Sabtu 7 Maret 2020 malam.

Baca Juga: Komisioner KPU Wahyu Setiawan Dicopot dari Jabatannya

Redaksi telah berusaha menghubungi anggota KPU Kabupaten Kendal yang diadukan tersebut untuk meminta konfirmasi demi keberimbangan berita. Namun, pesan elektronik melalui aplikasi WhatsApp yang dikirimkan ke telepon selularnya hingga berita ini diturunkan tidak dibalas.  (tan/gif)
Reaksi: 

Berita Terkait

PERISTIWA 734312195163827462

Terbaru






close





Populer

Comments

item