Kebumen Liburkan Sekolah 14 Hari


PEMERINTAH Kabupaten Kebumen, meliburkan seluruh sekolah selama 14 hari, mulai Senin (16/3/2020) hingga Sabtu (28/3 2020). Sesuai kewenangan Pemkab Kebumen, keputusan meliburkan hanya untuk jenjang pendidikan PAUD, TK, SD dan SMP.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Bupati KH Yazid Mahfudz, usai menghadiri peringatan Isra' Mi'raj di Masjid Darrussalam Desa Ambalkebrek, Kecamatan Ambal, Minggu (15/3/2020).

“Kita sudah membuat edaran terkait pencegahan COVID-19 di Kabupaten Kebumen,” kata Yazid Mahfudz.

Keputusan ini diambil menindaklanjuti edaran Gubernur Jawa Tengah bernomor 420/0005956 terkait pencegahan penyebaran Corona Virus Desease (COVID-19) di Jawa Tengah.

Pemkab Kebumen melalui Dinas Pendidikan Kebumen, telah menerbitkan Surat Edaran bernomor 420/1929, tentang peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi COVID-19 di sekolah.

Adapun kegiatan belajar mengajar yang akan dihentikan, mencakup seluruh jenjang pendidikan formal. Mulai dari PAUD/TK, SD dan SMP, baik negeri maupun swasta.

Selama libur, peserta didik diminta belajar mandiri di rumah, mendapatkan tugas kreatif dari guru dengan menggunakan pembelajaran secara online dengan memanfaatkan ICT.

Selain itu, juga diminta untuk menjaga kesehatan diri dengan mencuci tangan dan berperilaku hidup sehat.

Sekolah juga diminta menunda kegiatan yang menghadirkan banyak siswa di tempat umum. Seperti, berkemah, study tour maupun kegiatan lainnya. Sedangkan, bagi guru dan tenaga kependidikan diminta tetap beraktivitas di sekolah masing - masing untuk menjaga kebersihan sekolah dan lingkungan belajar, serta keamanan aset sekolah.

Terkait pelaksanaan ujian SD, ujian sekolah maupun ujian nasional SMP dan SKG ditunda. Penundaan ini hingga waktu yang belum ditentukan sampai dengan pemberitahuan selanjutnya.

Beberapa sekolah di Kebumen, Minggu (15/3/2020) sudah menyebarluaskan surat edaran yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Kebumen Amirudin.

Di SMP Negeri 1 Kebumen, siswa sudah menerima surat edaran melalui whatsApp.

“Ini bu, besok saya libur, ujian ditunda,“ kata Trihatmo Jurnalis Febriartono, siswa kelas 9 SMP Negeri Kebumen, sambil menunjukan surat edaran dari pesan WhatsApp. (brns/jik)
Reaksi: 

Berita Terkait

daerah 3004963078964221457

Terbaru






close





Populer

Comments




item