Panitia Pilkades Margoagung Ogah Tertibkan Baliho Calon Kades


KETUA panitia Pilkades desa Margoagung, Kecamatan Sleman, DI Yogyakarta Priyo Juwono mengaku tidak akan menertibkan baliho calon Kades yang sudah terpasang dipinggir jalan meski saat ini belum masuk tahapan kampanye.

Baca Juga: Aturan Pilkades Masih Diatas Kertas?

Namun, dia berharap, situasi yang akan aman dan terkendali akan tercipta hingga hari H pencoblosan tanggal 29 Maret nanti.

"Tidak (dilakukan penertiban) tetapi degan harapan situasi dan kondisi aman terkendali," kata Priyo kepada PenaOne.com Kamis 5 Maret 2020.

Priyo menganggap, baliho atau spanduk yang dipasang calon Kades itu merupakan bentuk demokrasi.

Baca Juga: Satpol PP Sleman Tegaskan Penertiban Baliho Calon Kades Ditangan Panitia Desa

"Itu (merupakan) wujud demokrasi dan sifatnya hanya untuk pengenalan dari masing-masing calon," ujar Priyo.

Priyo mengatakan, terkait himbauan Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta yang meminta baliho calon Ķades ditertibkan lantaran belum memasuki masa kampanye dirinya tidak bisa berbuat banyak.

"Panitia Pilkades hanya bersifat memantau dan mengawasi saja. Tetapi seandainya dari calon memasang gambar denga tulisan yang menyinggung atau menjelek-jelekan calon lain kami jelas melarangnya," ujar Priyo.

Baca Juga: Ketua DPRD Sleman Minta Baliho Bakal Calon Kades Ditertibkan

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Sleman, Haris Sugiharta mendesak panitia Pilakdes menertibkan alat peraga kampenye  atau APK bakal calon Kades yang saat ini mulai dipasang di jalan-jalan.

Ditegaskan Haris, dalam pasal 31 Perda 5 tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberentian Kepala Desa sudah jelas diatur tatacara kampanye dalam Pilkades.

"Saya mendesak kepada panitia tingkat desa untuk menjalankan regulasi yang ada. Tertibkan APK bakal calon Kades karena saat ini belum memasuki tahapan kampanye," kata Haris saat dihubungi Selasa 3 Maret 2020.

Baca Juga: Penertiban Baliho Calon Kades Jangan Hanya Dibebankan Panitia Pilkades!

Diketahui, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa alias PMD Kabupaten Sleman yang diberikan kewenagan untuk menyelenggarakan jalannya Pilakdes secara serentak pada 29 Maret sudah menetapkan tahapan kampanye baru akan dimulai tanggal 23 hingga 25 Maret. (tan/fit)
Reaksi: 

Berita Terkait

daerah 6074779514123973607

Terbaru






close





Populer

Comments

item