Penertiban Baliho Calon Kades Jangan Hanya Dibebankan Panitia Pilkades!


KETUA panitia Pilkades desa Sumberrejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman Suliyanta mengungkapkan, penertiban baliho calon Kades yang sudah terpasang dipinggir jalan saat ini bukan hanya menjadi tangung jawab panitia Pilkades.

Dirinya menganggap, urusan penertiban baliho calon Kades yang sudah terpasang namun belum masuk tahapan kampanye juga merupakan kewenangan Satpol PP.

Baca Juga: Aturan Pilkades Masih Diatas Kertas?

"Soal penertiban baliho panitia itu sudah bekerja juga berdasarkan Perda yang ada. Disatu sisi penegak Perda adalah Pemda dalam hal ini Satpol PP (Trantib). Maka tanggung jawab terhadap aturan jangan hanya dibebankan kepada panitia Pilkades," kata Suliyanta Rabu 4 Maret 2020.

Suliyanta menegaskan, jika di desa Sumberrejo saat ini tidak ada calon Kepala desa yang memasang baliho. Karena, lanjut dia, panitia Pilkades selalu memberikan sosialisasi kepada calon Kades.

"Di desa kami belum ada yang pasang spanduk maupun baliho calon Kepala desa. Boleh dicek dilapangan," pungkasnya.

Baca Juga: Ketua DPRD Sleman Minta Baliho Bakal Calon Kades Ditertibkan

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Sleman, Haris Sugiharta mendesak panitia Pilakdes menertibkan alat peraga kampenye atau APK bakal calon Kades yang saat ini mulai dipasang di jalan-jalan.

Ditegaskan Haris, dalam pasal 31 Perda 5 tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberentian Kepala Desa sudah jelas diatur tatacara kampanye dalam Pilkades.

"Saya mendesak kepada panitia tingkat desa untuk menjalankan regulasi yang ada. Tertibkan APK bakal calon Kades karena saat ini belum memasuki tahapan kampanye," kata Haris saat dihubungi Selasa 3 Maret 2020.

Baca Juga: Anggaran Pilkades Harus Transparan

Diketahui, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa alias PMD Kabupaten Sleman yang diberikan kewenagan untuk menyelenggarakan jalannya Pilkades secara serentak pada 29 Maret sudah menetapkan tahapan kampanye baru akan dimulai tanggal 23 hingga 25 Maret. (tan/kus)
Reaksi: 

Berita Terkait

daerah 5299732201699908833

Terbaru






close





Populer

Comments

item