Petugas Gabungan Sterilisasi Terminal Penumpang Pelni


BERTEMPAT di ruang tunggu Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelni Pelabuhan Tanjung Priok telah dilaksanakan kegiatan penyemprotan dan bersih-bersih untuk sterilisasi serta pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), pada Jumat (13/03/2020) malam.

Penyemprotan dan sterilisasi ini dilakukan oleh personel Polres Pelabuhan Tanjung Priok bersama Kodim 0502 Jakarta Utara, beserta Stakeholder yang ada di wilayah Pelabuhan.

Kegiatan penyemprotan dan bersih-bersih untuk sterilisasi serta pencegahan virus corona. (Foto: PMJ News).

Antara lain, Kantor Kesehatan Tanjung Priok, Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, GM Terminal Penumpang Pelni, PT Pelindo 2 Cabang Pelabuhan Tanjung Priok, dan PT Pelni.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Kurniawan Tandi Rongre, S.I.K., M.Si, menjelaskan penyemprotan serta bersih-bersih ini untuk menindaklanjuti perintah Presiden RI Ir Joko Widodo untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Kegiatan penyemprotan dan bersih-bersih untuk sterilisasi serta pencegahan virus corona. (Foto: PMJ News).

“Mengingat Terminal Pelabuhan sebagai pintu masuk orang dan barang yang tidak kita ketahui kesehatannya sehingga perlu dilakukan penyemprotan terhadap benda-benda yang ada di Terminal Penumpang agar dapat meminimalisir penyebaran karena bila terpapar akan dilakukan karantina (Isholasi) selama 14 hari masa inkubasi,” tutur Kurniawan saat dikonfirmasi, Sabtu (14/03/2020).

Lanjut Kurniawan, kemudian dilakukan kegiatan penyemprotan dan bersih-bersih diteruskan oleh Tim KKP Tanjung Priok dan Polres Pelabuhan Tanjung Priok terhadap benda-benda (kursi, meja, dinding, kaca, dan tangga ) di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok dengan menggunakan peralatan yang sudah sesuai SOP penanganan Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

Polwan Lakukan Sosialisasi dan Bagikan Masker

Polwan Polres Pelabuhan yang dipimpin Kompol Nurjannah, S.E juga tak mau ketinggalan. Anggota Polwan melakukan sosialisasi tentang cara membersihkan telapak tangan agar terhindar dari virus corona. Di tempat dan kesempatan yang sama, Polwan juga membagikan masker kepada penumpang kapal KM Kelud yang akan berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Batam.

Sementara itu, petugas kesehatan Pelabuhan dibantu Polres Pelabuhan dan Kodim 0502 Jakut bersama stakeholder melakukan pemeriksaan suhu tubuh para penumpang kapal KM Kelud. Tujuannya, untuk mengetahui secara dini, ada atau tidak penumpang yang terindikasi terjangkit virus corona. Dari hasil pemeriksaan, tidak ada penumpang kapal KM Kelud yang terjangkit covid-19.

Kegiatan penyemprotan dan bersih-bersih untuk sterilisasi serta pencegahan virus corona. (Foto: PMJ News).

Sekedar informasi, selain Kapolres dan Jajaran Polres Pelabuhan, kegiatan ini juga dihadiri Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok yang dipimpin Dr. Jeffry Hasurungan Sitorus M. Kes; GM Terminal Penumpang Bpk Sukoco, Danramil Tanjung Priok Mayor Agus W; PFSO Terminal Penumpang; Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Joko; PT Pelni Saueful, Bhabinsa 0502 JU Sertu Selamet, dan Security PT Pelni. (pmj/had)
Reaksi: 

Berita Terkait

PERISTIWA 4113542363621857461

Terbaru






close





Populer

Comments




item