Satpol PP Sleman Tegaskan Penertiban Baliho Calon Kades Ditangan Panitia Desa


SATUAN Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta menegaskan jika penertiban baliho calon Kades yang terpasang dipinggir jalan saat ini adalah tanggung jawab panitia pemilihan Kepala desa alias Pilakdes.

Hal itu dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Satpol PP Kabupaten Sleman Arif Pramana terkait ucapan Ketua panitia Pilkades desa Sumberrejo, Kecamatan Tempel Suliyanta yang meyebut kewenangan penertiban baliho calon Kades ada ditangan Satpol PP.

Baca Juga: Penertiban Baliho Calon Kades Jangan Hanya Dibebankan Panitia Pilkades!

"Kewenangan penertiban terhadap pelanggaran kampanye pemilihan Kepala desa (Kades) berada di panitia pemilihan tingkat Desa. Bukan ada di Satpol PP," tegas Arif Pramana kepada PenaOne.com Kamis 5 Maret 2020.

Dirinya menyarankan, Ketua panitia Pilkades desa Sumberrejo Suliyanta mempelajari kembali Perda Nomor 5 tahun 2015 Tata Cara Pemilihan dan Pemberentian Kepala Desa.

"Pasal 31 Perda Nomor 5 tahun 2015 Tata Cara Pemilihan dan Pemberentian Kepala Desa berbunyi; (1) Pelaksanaan kampanye Calon Kepala Desa dalam jangka waktu 3 (tiga) hari sebelum dimulainya masa tenang. (2) Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilaksanakan melalui: a. pertemuan terbatas; b. tatap muka;.c. dialog; d. penyebaran bahan Kampanye kepada umum; e. pemasangan alat peraga di tempat Kampanye dan di tempat lain yang ditentukan oleh panitia pemilihan tingkat desa; dan f. kegiatan lain yang tidak melanggar peraturan perundang-undangan," pungkas Arif Pramana.

Baca Juga: Aturan Pilkades Masih Diatas Kertas?

Sebelumnya, Ketua panitia Pilkades desa Sumberrejo, Kecamatan Tempel, Suliyanta mengungkapkan, penertiban baliho calon Kades yang sudah terpasang dipinggir jalan saat ini bukan hanya menjadi tangung jawab panitia Pilkades.

Dirinya menganggap, urusan penertiban baliho calon Kades sudah terpasang namun belum masuk tahapan kampanye merupakan kewenangan Satpol PP.

Baca Juga: Ketua DPRD Sleman Minta Baliho Bakal Calon Kades Ditertibkan

"Soal penertiban baliho panitia itu sudah bekerja juga berdasarkan Perda yang ada. Disatu sisi penegak Perda adalah Pemda dalam hal ini Satpol PP (Trantib). Maka tanggung jawab terhadap aturan jangan hanya dibebankan kepada panitia Pilkades," kata Suliyanta Rabu 4 Maret 2020. (tan/fika)
Reaksi: 

Berita Terkait

daerah 8545016933448448219

Terbaru






close





Populer

Comments




item