Sleman Sabet Digital Award Soal Penerapan Sistem Pembayaran Non Tunai


SLEMAN meraih digital award sebagai Kabupaten yang menerapkan sistem pembayaran non tunai yang maju, yaitu e-retribusi, pionir pembentukan Tim Percepatan Pengembangan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) desa wisata.

Penyerahan award dilakukan oleh Sekda DIY kepada Bupati Sleman Sri Purnomo, didampingi pimpinan BI perwakilan Yogyakarta Hilman Tisnawan, dalam acara Puncak Pekan QRIS Nasional di museum gunung Merapi Sleman Yogyakarta Sabtu 14 Maret 2020.

Hadir pula dalam acara ini perwakilan OJK DIY, pimpinan cabang BPD DIY, Sleman dan perwakilan dari Bupati, Walikota se DIY.

Menanggapi diterimanya award ini Bupati Sleman Sri Purnomo, menyampaikan perkembangan ekonomi digital saat ini menuntut Pemkab Sleman untuk penguatan sinergi kerjasama dalam menyusun kebijakan terintegrasi untuk mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Hal ini ditunjukkan dengan optimalisasi peran perbankan daerah kolaborasi dengan fintech dan perluasan transaksi digital untuk mempercepat perekonomian daerah dengan upaya memperluas kanal digital dalam penerimaan pembayaran pajak dan retribusi kolaborasi dengan BPD DIY dan Fintech Go-Pay," kata Sri Purnomo.

Kata dia, QRIS juga telah dimanfaatkan oleh berbagai sektor untuk mendorong UMKM di Sleman untuk dapat go digital. Karena dengan QRIS dapat lebih efisien, fleksibel dan murah sehingga dapat menguntungkan bagi UMKM.

Dalam kesempatan ini juga dihadirkan 23 UMKM Sleman dengan aneka macam produknya yang siap melaksanakan pembayaran dengan system QRIS melalui BPD DIY.

Sleman juga telah mengimplementasikan QRIS dalam sektor pariwista yakni Museum gunung Merapi, Candi Banyunibo, Candi Gebang, Candi Ijo, Candi Sambisari, Candi Sari, Candi Barong dan Candi Kalasan.

Sedangkan untuk digital pasar tradisional QRIS telah diaplikasikan di sejumlah pasar yakni pasar Sleman, Cebongan dan Gentan serta banyak merchant di Sleman juga lembaga keagamaan seperti masjid dan gereja untuk pembayaran donasi amal.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan rekor MURI untuk pencapaian merchant terbanyak kepada Pemda DIY yang kemudian diserahkan kepada Perwakilan BI Yogyakarta. Merchant yang dicapai BI Yogyakarta dalam program QRIS sebanyak 16.157 yang capai dalam 2 bulan. Ini merupakan rekor MURI yang ke 9.462. Penghargaan disampaikan oleh Fida dari MURI Indonesia. (kis/fika)
Reaksi: 

Berita Terkait

daerah 4624816071764391268

Terbaru






close





Populer

Comments

item