Terkini, 4 WNI Diduga Kuat Positif Corona


KEMENTERIAN Kesehatan melakukan pengembangan dari dua kasus pertama infeksi virus Corona atau Covid-19 di Indonesia. Sampai dengan Jumat (06/03/2020) siang, tercatat 4 orang yang diduga kuat positif terinfeksi virus Corona.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk Indonesia Achmad Yurianto menjelaskan 4 orang tersebut adalah bagian dari 25 orang hasil penelusuran dari kasus Covid-19 pertama.

“Yang kontak dekat kami periksa dan kami obervasi di rumah sakit. Terdapat empat orang suspect kuat positif,” ungkap Yuri di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (06/03/2020).

Masih dari penjelasan Yuri, 4 orang itu mengalami gejala flu setelah melakukan kontak dekat dengan kasus 1. Sekarang, empat orang yang kontak dengan dua korban positif Covid-19 telah diisolasi. Mereka merasakan gejala berupa batuk dan pilek serta ada yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat celcius, atau tepatnya 37,6 derajat celcius.

Sementara itu untuk dua kasus pertama yang diumumkan Presiden awal Minggu ini, Yuri memastikan mereka dalam kondisi stabil. Tidak ada keluhan kesehatan sama sekali kecuali batuk-batuk. “Tapi tidak signifikan ya,” sambung Yuri.

Untuk diketahui, pemerintah setelah menemukan dua kasus positif covid-19 melakukan pengembangan. Alasannya, salah satu pasien diduga terpapar virus corona dari warga negara Jepang dalam sebuah acara yang dihadiri sekitar 50 orang.

Terpisah, Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat agar tidak berlebihan menghadapi wabah virus Corona atau Covid-19 yang telah masuk ke Tanah Air. Panik berlebihan dinilai membawa dampak lebih buruk dari penyebaran virus tersebut.

“Sebetulnya musuh terbesar kita saat ini adalah bukan virus itu sendiri. Tapi rasa cemas, rasa panik, rasa ketakutan, dan berita-berita hoax,” tutur Jokowi dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Meski begitu, Presiden menyampaikan rasa panik berlebihan tidak relevan. Berdasarkan data, mereka yang terserang virus corona memiliki tingkat kesembuhan sangat tinggi. (ku/pmj)
Reaksi: 

Berita Terkait

PERISTIWA 4753606086855580820

Terbaru






close





Populer

Comments

item