Obyek Wisata Kaliurang Terapkan Pengukuran Suhu Tubuh Dipintu Masuk


OBYEK wisata Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta ditutup sementara waktu terkait dengan tanggap darurat wabah vurus Covid-19 atau Corona sejak 26 Maret yang lalu. Tetapi aktivitas masyarakat tetap berlanjut dengan tetap mematuhi anjuran serta himbauan pemerintah maupun melaksanakan maklumat Kapolri Nomor MAK/2/III/2020.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih yang diteruskan Shavitri ND Kabag Humas dan Protokol Setda Sleman dalam siaran pers Rabu 15 April 2020.

"Warga masyarakat Kaliurang sendiri juga telah sepakat membuat prosedur minimal yang diterapkan oleh warga antaralain: physical distancing (jarak fisik) dalam berinteraksi, mengenakan masker dalam melakukan aktivitas di luar rumah ataupun dalam bekerja, melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala di lingkungannya," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, warga diwajibkan menerapkan kebersihan dengan cuci  tangan dengan sabun menggunakan air mengalir atau hand sanitizer sebelum dan sesudah berinteraksi dengan orang lain. Serta tidak menyentuh wajah (mata, hidung, dan mulut) sebelum cuci tangan dengan menggunakan sabun.

"Tidak melakukan kontak fisik seperti bersalaman atau aktivitas kontak fisik lainnya dengan tamu yang datang. Dan untuk memberikan layanan standar minimal lainya, terhadap warga ataupun orang yang datang di Kaliurang akan dilakukan pengukuran suhu badan untuk memastikan tidak dalam keadaan demam atau panas tinggi atas yang bersangkutan di gerbang masuk," ungkapnya.


Hal senada juga dijelaskan Ketua Asosiasi Perhotelan Kaliurang (ASPEK) Heribertus Indiantara.

Dia mengungkapkan, untuk kelangsungan aktivitas ekinomi masyarakat Kaliurang sudah terkondisi penginapan dan warung kalau tidak menerapkan SOP,  ya dihimbau tidak buka, dan kalo warung himbauannya ya take away atau tidak di makan di tempat.

"Walaupun demikian tempat wisata Kaluurang masih sepi dan tidak banyak pengunjung," pungkasnya. (tan/gah)
Reaksi: 

Berita Terkait

daerah 3538841319890518014

Terbaru






close





Populer

Comments

item