3 Hal Ini Jadi Perhatian Dinas PMD Bila Pilkades Digelar 30 Agustus


KENDATI DPRD Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta sudah mengagendakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 49 Desa akan digelar pada Minggu 30 Agustus mendatang namun Dinas Pemberdayaan Masyarkat Desa atau PMD sebagai pelaksana kegiatan itu masih mempertimbangkan beberapa hal.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sleman, Budiharjo mengatakan, apabila pelaksanaan Pilkades berlangsung pada tanggal 30 Agustus 2020 pihaknya harus memperhatikan tiga hal utama.

Pertama kata Budiharjo, status tanggap darurat nasional Covid-19. Kedua, terkait maklumat Kapolri. Dan ketiga, kesiapan TTL (Tim Teknis Lapangan) Pilkades.

"Kapan perguruan tinggi mulai aktif perkuliahan lagi. Semuanya masih kami kaji," ungkapnya saat dihubungi PenaOne.com melalui selularnya, Minggu 7 Juni 2020 malam.

Lebih lanjut Budi menambahkan, saat ini pihaknya masih membahas secara rinci berapa penambahan jumlah anggaran untuk pelaksanaan Pilkades ditengah pandemi Covid-19 ini.

"Untuk kebutuhan anggaran baru kami hitung kembali. Masih dalam pembahasan di Dinas PMD," jelas Budi.

Mengenai jumlah petugas yang akan diterjunkan Budi menyebut akan menurunkan lebih dari jumlah tempat penungutan suara (TPS) yang ada.

"Jumlah TPS  (untuk pelaksanan Pilakdes ada) 1.102. Namun, untuk TTL kami siapkan 1.220 termasuk cadangan," pungkas Budiharjo.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Sleman Haris Sugiharta mengatakan, pelaksanaan Pilkades sudah diagendakan akan digelar pada Minggu 30 Agustus mendatang.

"Pelaksanaan Pilkades kita agendakan pada tanggal 30 Agustus. Paling lambat ya awal bulan September harus sudah digelar Pilkades itu," kata Haris Jumat 5 Juni 2020.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, pelaksanaan Pilkades sepenuhnya menjadi tangggug jawab Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sleman.

"Kita lihat bagaimana kesiapan Dinas PMD untuk melaksanakan Pilkades pada bulan akhir Agustus nanti. Apakah mereka siap atau tidak. Namun, kami sudah mengagendakan pada akhir Agustus harus digelar. Bila tidak, awal bulan September harus terlaksana Pilkades itu," ungkap Haris. (zal/tan)
Reaksi: 

Berita Terkait

daerah 115624780129643187

Terbaru






close





Populer

Comments

item