Tjahjo: Kemungkinan Ada Penghapusan Lembaga


MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo menyebut ada banyak lembaga atau komisi yang dipertimbangkan untuk dihapus atau dibubarkan.

Pertimbangan ini mengacu pada pidato Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat sidang kabinet 18 Juni lalu. Kepala Negara dengan nada agak meninggi menyatakan tidak menutup kemungkinan untuk reshuffle kabinet dan membubarkan lembaga negara.

“Pidato Pak Jokowi di samping kemungkinan reshuffle ada kemungkinan penghapusan lembaga,” ujar Menpan RB, Tjahjo Kumolo dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI, Senin (6/7/2020).

Tjahjo menjelaskan, saat ini jumlah lembaga dan komisi mencapai 96 institusi. Ia pun mengakui memang ada banyak lembaga yang harus dihapus.

“Ini harus kita clear-kan. Memang banyak untuk pertimbangan yang harus dihapuskan,” tandasnya.

Menurut Tjahjo, untuk membubarkan lembaga atau komisi tersebut tidak hanya melalui peraturan pemerintah dan peraturan presiden. Beberapa lembaga dibentuk melalui undang-undang sehingga perlu melakukan revisi.

“Itu yang PP maupun yang Perpres. Kalau bentuk Undang-Undang harus ada revisi UU,” tukasnya.(Hdi)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyoroti kinerja para menteri kabinetnya yang dinilai belum maksimal. Ia saat itu menyebut bisa saja akan membubarkan lembaga atau reshuffle menteri-menteri.

“Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya,” tegas Presiden Jokowi. (pmj/gus)
Reaksi: 

Berita Terkait

news 672380783380046196

Terbaru






close





Populer

Comments

item