Ini Imbauan Mendagri Soal Tatap Muka Sekolah


MENTERI Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan imbauan agar pertemuan tatap muka sekolah disesuaikan dengan rekomendasi Satgas Penanganan Covid-19. Yang mana Satgas Pusat memberikan secara umum, selanjutnya Satgas Daerah mengatur yang lebih spesifik.

“Mengenai masalah penentuan zona yang dibolehkan adanya pertemuan tatap muka, saran kami agar gugus tugas pusat memberikan rekomendasi secara umum,” ujar Tito dalam pernyataannya, di Jakarta, Selasa (04/08/2020).

“Tapi secara spesifik gugus tugas masing-masing (daerah) yang memberikan rekomendasi. Namun diskresinya tetap kepada dinas (pendidikan) daerah masing-masing,” tuturnya menambahkan.

Tito kembali menuturkan, kunci dari pertemuan tatap muka di sekolah ada di Satgas Daerah dan Dinas Pendidikan. Alasanya, kedua pihak inilah yang paling mengetahui kondisi masing-masing wilayah.

“Gugus Tugas daerah dan dinas ini menjadi penting, menjadi kunci untuk penentuan apakah di tempat itu boleh dilakukan pertemuan tatap muka atau tidak,” urainya melanjutkan.

Menurut Tito, apalagi tidak semua hal bisa hanya dilihat dengan warna zonasi saja. Namun, harus dilihat dari hal spesifik di daerah.

“Mereka yang tahu persis juga masalahnya. Tidak semua daerah yang dilihat (zonasi) warna kuning atau hijau betul-betul menggambarkan situasi yang terjadi,” tambahnya.

“Karena bisa saja di daerah testingnya sangat kuat. Sehingga penentuan zona warna ditentukan dari kacamata nasional,” tutupnya. (pmj/fit)
Reaksi: 

Berita Terkait

PERISTIWA 8306426755936219317

Terbaru






close





Populer

Comments

item